Monday, April 6, 2020

Kelas dan Objek: TUTORIAL VISUAL BASIC LANJUT

Buku ini akan dimulai dengan membahas konsep-konsep kelas dan objek. Pembahasan ini diberikan secara praktek dan langkah demi langkah. Ada 7 tutorial yang disediakan pada buku ini untuk meningkatkan kecakapan Anda dalam mempraktekkan konsep kelas dan objek pada Visual Basic.


Pada Tutorial 1, Anda akan menciptakan sebuah aplikasi dua-tingkat yang menggunakan sebuah form untuk melewatkan masukan-masukan oleh user kepada kelas Siswa. Kelas form adalah tingkat representasi dan kelas Siswa adalah tingkat tengah. Anda akan menambahkan kontrol-kontrol pada form sehinga siswa dapat memasukkan ID siswa, nama belakang, dan rerata ujian. Ketika user mengklik tombol Simpan, kode akan menugaskan nilai-nilai masukan kepada properti-properti kelas Siswa. Terakhir, Anda akan menampilkan ulang objek Siswa pada sebuah label. Gambar 7 menunjukkan form setelah user mengklik tombol Simpan. Gambar 8 menunjukkan form yang sama setelah user mengklik tombol Lihat.


Pada Tutorial 2, Anda akan menambahkan sebuah konstruktor berparameter pada kelas Siswa. Aplikasi akan meminta user memasukkan nilai-nilai, yang kemudian akan dilewatkan kepada konstruktor Siswa. Kemudian, aplikasi akan menampilkan nilai-nilai yang disimpan pada objek Siswa.


Pada Tutorial 3, Anda akan menambahkan sebuah konstruktor berparameter pada kelas Siswa. Aplikasi akan meminta user memasukkan nilai-nilai, yang kemudian akan dilewatkan kepada konstruktor Siswa. Kemudian, aplikasi akan menampilkan nilai-nilai yang disimpan pada objek Siswa.


Pada Tutorial 4, Anda akan menciptakan sebuah aplikasi dua-tingkat yang mensimulasikan teller bank elektronis sehingga user bisa melihat akun, menabung, menarik dana, dan melihat saldo terkini. Berikut adalah rancangan aplikasi dengan beberapa persyaratan penting: (1) Informasi akun yang ada (ID, nama akun, dan saldo terkini) akan disimpan pada sebuah file data. (2) User harus bisa memasukkan nomor akun dan melakukan pencarian terhadap akun yang ada. Jika akun ditemukan pada file data, maka aplikasi akan membaca nama pemilik akun dan saldo yang ada. (3) User harus bisa memasukkan jumlah uang yang akan ditabung. Aplikasi akan menunjukkan saldo terakhir terperbarui. (4) User harus dapat memasukkan jumlah uang yang akan ditarik, dan aplikasi akan menampilkan saldo terakhir terperbarui.


Pada Tutorial 5, Anda akan memperbaiki aplikasi Teller Bank, dengan mengimplementasikan kedua properti berikut pada kelas Akun: (a) TotalTabung—Total uang yang telah ditabung pada akun ini. (b) TotalTarik—Total dana yang telah ditarik dari akun ini. Anda akan menambahkan sebuah tombol pada form untuk menampilkan pada sebuah label yang memuat total uang yang telah ditabung dan yang telah ditarik. Anda juga akan mengembalikan kedua nilai properti tersebut menjadi nol ketika sebuah akun baru ditampilkan.


Pada Tutorial 6, Anda akan menciptakan sebuah aplikasi untuk menghitung waktu yang diperlukan untuk pesawat tertentu untuk mencapai kecepatan takeoff. Anda juga akan menghitung berapa panjang runway yang akan diperlukan. Untuk setiap jenis pesawat, Anda diberikan (1) nama pesawat, (2) kecepatan takeoff yang diperlukan (kaki/detik), dan (3) seberapa cepat pesawat mengakselerasi (kaki/detik2).


Pada Tutorial 7, Anda akan menyajikan sejumlah pelatihan pemrograman untuk mereka yang ingin meningkatkan keahlian pemrogramannya. Tugas Anda di sini adalah menuliskan sebuah aplikasi berorientasi-objek agar pengelola pelatihan dapat menampilkan dan mengedit layanan pelatihan yang ditawarkan.


Ada beberapa kategori pelatihan: (1) Pengembangan Aplikasi, (2) Database, (3) Jaringan, dan (4) Sistem Administrasi. Pelatihan itu sendiri terdiri-atas: (1) judul, (2) banyak hari pelatihan, (3) kategori, dan (4) biaya. Ciptakan sebuah kelas dengan nama Pelatihan yang memuat informasi ini, berikut dengan properti-propertinya dan sebuah metode ToString().


Ketika aplikasi dijalankan, program perlu membaca sejumlah pelatihan dari file data dan menyimpannya pada array atau koleksi. Setiap baris pada file merupakan pelatihan berbeda, dengan tiap bidang dipisahnya dengan karakter backlash (\).



Balige, 6 April 2020
Penulis


Vivian Siahaan





Lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi LINK INI




No comments:

Post a Comment