Sunday, March 8, 2020

BUKU PINTAR JAVA/SQLITE: Membuat Aplikasi Desktop Kriptografi

BUKU PINTAR JAVA/SQLITE: Membuat Aplikasi Desktop Kriptografi


Pada buku ini, Anda akan mempelajari bagaimana merelasikan ilmu kriptografi dengan database menggunakan Java/SQLite. Kriptografi merupakan seni dan ilmu dalam menciptakan sebuah sistem kripto yang mampu menyediakan keamanan informasi. Kriptografi berkaitan erat dengan pengamanan data digital. Ilmu ini terdiri-dari mekanisme-mekanisme perancangan yang didasarkan pada algoritma-algoritma matematik yang menawarkan sejumlah layanan keamanan informasi fundamental. Pada buku ini, Anda akan belajar bagaimana dasar-dasar penerapan ilmu kriptografi dalam database, seperti menciptakan database login yang di dalamnya disimpan hash atas password yang disalt untuk menciptakan akses login yang sangat aman. Agar fokus, selain paket security dan crypto dari Java,  buku ini hanya menggunakan dua pustaka eksternal: Connector/J untuk memfasilitasi koneksi Java ke SQLite dan JCalendar untuk menampilkan kontrol kalender.

Pada bab pertama, Anda akan mempelajari dasar-dasar kriptografi menggunakan Java. Di sini, Anda akan mempelajari bagaimana menuliskan program Java untuk menghitung Hash, MAC (Message Authentication Code), menyimpan kunci dalam KeyStore, membangkitkan PrivateKey dan PublicKey, mengenkripsi/mendekripsi data, dan membangkitkan dan memverifikasi sidik digital.

Pada bab kedua, Anda akan belajar bagaimana menciptakan dan menyimpan password salt dan memverifikasinya. Anda akan menciptakan tabel Login. Pada kasus ini, Anda akan melihat bagaimana menciptakan GUI Java menggunakan NetBeans untuk mengimplementasikannya. Di samping tabel Login, pada bab ini Anda juga akan menciptakan tabel Klien. Pada kasus tabel Klien, Anda akan belajar bagaimana membangkitkan dan menyimpan kunci publik dan kunci private ke dalam database. Anda juga akan belajar bagaimana mengenkripsi/mendekripsi data dan menyimpan hasilnya ke dalam database.

Pada bab ketiga, Anda akan menciptakan tabel Akun. Tabel Akun ini memiliki sepuluh bidang berikut: id_akun (kunci utama), id_klien (kunci tamu), no_akun, tanggal_akun, jenis_akun, saldo_plain, saldo_cipher, saldo_decipher, sidik_digital, dan verifikasi_sidik. Pada kasus ini, Anda akan belajar bagaimana menerapkan membangkitkan dan memverifikasi sidik digital dan menyimpan hasilnya ke dalam database.

Pada bab keempat, Anda akan menciptkan tabel Data_Klien, yang memiliki tujuh bidang berikut: id_data_klien (kunci utama), id_akun (kunci tamu), tanggal_lahir, alamat, nama_ibu, telepon, dan path_foto. Pada bab ini juga, anda akan menciptakan tabel Karyawan yang memiliki dua belas bidang berikut: id_karyawan (kunci utama), posisi, password, mulai_kerja, tanggal_lahir, alamat, nama_ibu, telepon, path_foto, nama_karyawan, email, dan salt. Di sini, Anda juga belajar menerapkan kriptografi dalam menciptakan hash atas password yang disalt untuk setiap karyawan.

Akhir kata, diharapkan buku ini berguna dan bisa meningkatkan keahlian pemrograman database bagi programer Java seperti Anda.


Balige 8 Maret 2020
PENULIS

Vivian Siahaan


Untuk lebih detailnya, silahkan kunjungi link ini.




Berikut sejumlah screenshot pada buku tersebut:

















No comments:

Post a Comment