Thursday, March 5, 2020

MAHIR PYTHON/SQLITE: Membuat Dari Nol Database Sekolah

Pada buku ini, Anda akan mempelajari bagaimana membangun dari nol sebuah sistem manajemen database SQLite menggunakan PyQt. Dalam merancang GUI, Anda akan memanfaatkan perangkat Qt Designer. Secara bertahap dan langkah demi langkah, Anda akan diajari bagaimana memanfaatkan SQLite dalam Python.

Pab bab kesatu, Anda akan mempelajari: Bagaimana PyQt dan Qt Designer dipakai untuk menciptakan GUI Python; Menciptakan GUI Python dasar yang memanfaatkan sebuah Line Edit dan sebuah Push Button.

Pada bab kedua, Anda akan mempelajari: Menciptakan projek tiga tabel awal pada database sekolah: tabel Guru, tabel Kelas, dan tabel MatPel; Menciptakan file konfigurasi database; Menciptakan GUI Python untuk melihat dan menavigasi isi tiap tabel. Menciptakan GUI Python untuk menyisipkan dan mengedit tabel; dan Menciptakan GUI Python untuk menggabungkan dan melakukan query atas ketiga tabel tersebut.

Pada bab ketiga, Anda akan mempelajari: Menciptakan form utama untuk menghubungkan semua form; Menciptakan projek akan menambahkan tiga tabel lagi pada database sekolah: tabel Siswa, tabel Ortu, dan tabel UangSekolah; Menciptakan GUI Python untuk melihat dan menavigasi isi tiap tabel; Menciptakan GUI Python untuk mengedit, menyisipkan, dan menghapus rekaman pada tiap tabel; Menciptakan GUI Python untuk menggabungkan dan melakukan query atas ketiga tabel dan keenam tersebut.

Akhir kata, diharapkan buku ini berguna dan bisa meningkatkan keahlian pemrograman database bagi programer Python seperti Anda.


BALIGE, SUMATRA
PENULIS


Vivian Siahaan

Lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi link ini.




Untuk versi bahasa inggrisnya, Anda bisa melihat di sini.




Berikut adalah sejumlah screenshot pada buku tersebut:


















No comments:

Post a Comment