Monday, May 18, 2020

Pemrograman MATLAB: Dari Nol Sampai Master Untuk Pemrosesan Citra Digital

Tujuan utama ditulisnya buku 464 halaman ini adalah untuk memberikan fondasi dalam mengimplementasikan algoritma-algoritma pemrosesan citra menggunakan perangkat lunak yang modern. Buku ini diorganisir secara sistematis sehingga dapat mengoptimalkan pemahaman pembaca. Setelah dasar-dasar penggunaan fungsi-fungsi MATLAB disajikan, buku ini kemudian memfokuskan pada beberapa teknik pemrosesan citra digital. Transformasi spasial, transformasi domain frekuensi, restorasi citra, dan pemrosesan citra warna akan dibahas secara detil pada buku ini.


Berikut adalah beberapa subtopik bahasan yang dirangkum dalam buku ini: Bab 1. IDE MATLAB. Bab 2. Konsep Citra Digital. Bab 3. Transformasi Intensitas dan Pemilteran Spasial. Bab 4. Pemrosesan Domain Frekuensi. Bab 5.Restorasi Citra. Bab 6. Pemrosesan Citra Warna. Bonus 1. MATLAB GUI: Penapisan Butterworth 2D. Bonus 2. MATLAB GUI: Penapisan Chebyshev 2D. Bonus 3. MATLAB GUI: Penapisan Inverse, Wiener, Dekonvolusi Buta dan Algoritma L-R. Bonus 4. MATLAB GUI: Morfologi Untuk Deteksi Tepi Citra. Bonus 5. MATLAB GUI: Pembesaran Citra.


Pada bonus pertama, Anda akan merancang sendiri, langkah demi langkah, GUI MATLAB untuk melakukan penapisan Butterworth atas citra berwarn maupun citra keabuan. Keempat pita frekuensi: lowpass, bandpass, highpass, dan bandstop akan digunakan untuk mendemonstrasikan proses penapissan. Beberapa kontrol GUI MATLAB yang digunakan seperti Axes, Table, Push Button, Radio Button, Edit Text, Static Text, dan Panel. Hasil penapisan Butterworth kemudian akan ditampilkan secara visual dan kinerjanya, menggunakan tujuh parameter kinerja, akan ditampilkan pada grafik batang.


Pada bonus kedua, Anda akan merancang sendiri, langkah demi langkah, GUI MATLAB untuk melakukan penapisan Chebyshev atas citra berwarn maupun citra keabuan. Keempat pita frekuensi: lowpass, bandpass, highpass, dan bandstop akan digunakan untuk mendemonstrasikan proses penapissan. Beberapa kontrol GUI MATLAB yang digunakan seperti Axes, Table, Push Button, Radio Button, Edit Text, Static Text, dan Panel. Hasil penapisan Chebyshev kemudian akan ditampilkan secara visual dan kinerjanya, menggunakan tujuh parameter kinerja, akan ditampilkan pada grafik batang.


Pada bonus ketiga, Anda akan merancang sendiri, secara bertahap, GUI MATLAB untuk melakukan operasi penapisan citra berwarna dan citra keabuan menggunakan tapis Inverse, tapis Wiener, Dekonvolusi Buta, dan Algoritma Lucy-Richardson. Keempat tapis ini juga berfungsi sebagai anti-pengaburan terhadap citra. Beberapa kontrol GUI MATLAB yang digunakan seperti Axes, Listbox, Push Button, Radio Button, Edit Text, Static Text, dan Panel. Hasil dari keempat tapis kemudian akan ditampilkan secara visual dan parameter MSE akan ditampilkan pada grafik batang.


Pada bonus keempat, Anda akan merancang sendiri, langkah demi langkah, GUI MATLAB untuk melakukan operasi morfologi citra. Kedelapan belas metode morfologi yang diuji pada GUI yang dirancang adalah Dilation Residue Edge Operator (DREO), Erosion Residue Edge Operator (EREO), Morphological Gradient Operator (MGO), Opening Top Hat Transformation (OTHT), Closing Top Hat Transformation (CTHT),Edge Detection Algorithm (EDA), Sobel Horizontal Edge Detector (SHED), Sobel Vertical Edge Detector (SVED), Prewitt Horizontal Edge Detector (PHED), Prewitt Vertical Edge Detector (PVED), Roberts Edge Detection (RED), Laplacian of Gaussian Edge Detector (LGED), Canny Edge Detector (CED), Rismon Morphology Edge Detector (RMED), Sianipar Morphology Edge Detector (SMED), dan Hasiholan Morphology Edge Operator (HMEO). Beberapa kontrol GUI MATLAB yang digunakan seperti Axes, Table, Push Button, Radio Button, Edit Text, Static Text, dan Panel. Hasil operasi morfologi kemudian akan ditampilkan secara visual dan parameter MSE akan ditampilkan pada grafik batang.


Pada bonus kelima, Anda akan merancang sendiri, langkah demi langkah, GUI MATLAB untuk melakukan pembesaran citra (image zooming) menggunakan metode pembesaran Nearest-Neighbour dan metode pembesaran interpolasi Bilinear. Beberapa kontrol GUI MATLAB yang digunakan seperti Axes, Push Button, Edit Text, Static Text, dan Panel. Hasil pembesaran berbasis kedua metode ini akan ditampilkan secara visual dan kinerjanya, menggunakan parameter MSE, akan ditampilkan pada grafik batang. Naskah ini berguna bukan saja bagi programmer pemula tetapi juga bagi mahasiswa dan pengajar yang ingin mengembangkan penelitian pada bidang pemrosesan citra digital. Di akhir naskah, keseluruhan kode sumber dicantumkan sebagai bahan dokumentasi dan referensi. Pembaca dapat mengembangkannya untuk kebutuhan kepentingan praktis maupun kepentingan penelitian.


Balige, 16 Mei 2020
Penulis




Vivian Siahaan



Jika Anda berminat silahkan mengunjungi LINK INI


No comments:

Post a Comment