Friday, May 8, 2020

Pemrograman MATLAB Untuk Teknik: Sistem Kontrol dan Sistem Komunikasi

Perkembangan piranti-lunak komputer untuk kontrol memberikan banyak keuntungan untuk pengajaran, penelitian, dan pengembangan perancangan sistem kontrol dan sistem komunikasi dalam dunia industri. MATLAB dan Simulink dipandang sebagai platform piranti-lunak dominan untuk analisis dan perancangan sistem kontrol dan sistem komunikasi, yang menyediakan banyak toolbox yang didedikasikan untuk topik-topik yang berkaitan dengan kedua sistem.

Tujuan utama dari bagian pertama pada buku ini adalah menawarkan informasi bagaimana MATLAB dapat dipakai pada perancangan sistem kontrol dengan merangkum banyak metode dan menyediakan skrip MATLAB sebagai implementasinya. Banyak mahasiswa saat ini memandang teori kontrol sebagai topik yang rumit karena kompleksitas matematika yang terlibat dalam mengevaluasi tanggapan frekuensi dan tanggapan domain waktu, menggambarkan root locus, dan melakukan banyak perhitungan lain. Buku ini membuktikan bahwa kerumitan tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dalam MATLAB. Oleh karena itu, tujuan edukasional yang perlu diberikan kepada mahasiswa adalah pemahaman yang cukup tentang teknik-teknik yang terlibat dalam sistem kontrol, sehingga mahasiswa tidak terlalu dibebani dengan perhitungan-perhitungan yang sebenarnya dapat dilakukan oleh MATLAB. Buku ini dapat dipakai sebagai teks referensi sebagai matakuliah pengantar kontrol untuk semua mahasiswa teknik dan sain. Rangkuman topik yang dicakup pada buku ini menyeimbangkan teori dan implementasinya dalam MATLAB.

Tujuan dari bagian kedua pada buku ini adalah sebagai pendamping atau suplemen dari setiap buku teks sistem komunikasi. Buku ini menyediakan sejumlah latihan yang dapat diselesaikan dengan MATLAB. Buku ini tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa S1 dan S2, tetapi juga oleh para insinyur yang ingin belajar aplikasi-aplikasi MATLAB untuk sistem komunikasi. Bab 1: Sinyal dan Sistem Linier. Anda akan mempelajari perangkat-perangkat dan teknik-teknik dasar dari analisis sistem linier yang digunakan pada analisis sistem komunikasi. Sistem linier dan karakteristiknya pada domain waktu dan domain frekuensi, berikut dengan probabilitas dan analisis sinyal acak, merupakan dua topik fundamental yang harus dipahami ketika mempelajari sistem komunikasi. Hampir semua kanal dan banyak subblok pemancar dan penerima dapat dimodelkan sebagai sistem LTI (linear time-invariant) sehingga perangkat-perangkat dan teknik-teknik dari analisis sistem linier dapat digunakan untuk menganalisisnya.

Bab 2: Proses Acak. Anda akan belajar metode-metode untukmembangkitkan variabel-variabel acak dan cuplik-cuplik dari proses-proses acak. Anda akan memulainya dengan mempelajari deskripsi metode untuk membangkitkan variabel-variabel acak dengan fungsi distribusi probabilitas tertentu. Kemudian Anda akan mempelajari proses Gaussian dan proses Gauss-Markov dan mengenal metode untuk menghasilkan cuplik-cuplik dari kedua proses itu. Topik ketiga yang akan Anda pelajari adalah karakterisasi sebuah proses acak stasioner menggunakan korelasidirinya pada domain waktu dan menggunakan spektrum dayanya pada domain frekuensi. Bab 3: Modulasi. Anda akan mempelajari kinerja dari sejumlah skema modulasi-demodulasi, keduanya dengan kehadiran dan absensi dari derau aditif. Sistem-sistem yang dipelajari pada bab ini mencakup skema-skema modulasi-amplitudo (AM), seperti DSB-AM, SSB-AM, dan AM konvensional, dam skema-skema modulasi-sudut, seperti modulasi frekuensi dan modulasi fase.

Bab 4 Konversi Analog-ke-Digital. Anda akan mempelajari sejumlah metode dan teknik untuk mengkonversi sumber analog menjadi runtun digital dengan cara yang efisien. Ini diperlukan karena pada bab-bab berikutnya Anda akan melihat bahwa informasi digital lebih mudah diproses, dikomunikasikan, dan disimpan. Bab 5 Transmisi Baseband Digital. Anda akan mempelajari sejumlah teknik modulasi dan demodulasi baseband digital untuk mentransmisikan informasi digital melalui kanal berderau Gaussian putih aditif. Anda akan memulainya dengan mempelajari modulasi pulsa biner dan kemudian beberapa metode modulasi tak-biner. Bab 6 Transmisi Digital Melalui Kanal Lebar-Pita Terbatas. Anda akan mempelajari aspek-aspek dari transmisi digital melalui kanal-kanal dengan lebar-pita terbatas. Anda akan mengawalinya dengan mempelajari karakteristik spektral dari sinyal-sinyal PAM. Selanjutnya, Anda akan menelaah karakteristik dari kanal dengan lebar-pita terbatas dan permasalahan perancangan gelombang sinyal untuk kanal semacam itu. Kemudian, Anda akan mengkaji permasalahan perancangan ekualisator kanal yang mengkompensasi distorsi yang disebabkan oleh kanal dengan lebar-pita terbatas. Anda akan membuktikan bahwa distorsi kanal pada interferensi antar-simbol (ISI, intersymbol interference) yang menyebabkan error pada demodulasi sinyal.

Kami berharap pembaca dapat menikmatinya untuk “bermain-main” dan mengubah skrip MATLAB yang telah diberikan untuk mendapatkan eksplorasi lebih dalam tentang topik-topik yang disajikan.






Penulis
Balige, 5 Mei 2020



Vivian Siahaan
Rismon Hasiholan Sianipar
Balige Publishing



Jika Anda berminat, silahkan kunjungi LINK INI



No comments:

Post a Comment