Sunday, December 11, 2016

Identical by Scott Turow (2013): Summary

According to Mr. Turow, this novel is inspired by the most touching of the Greek myths, the story of Gemini, Castor and Pollux. The identical twins were said to have been born after their mother, Leda, Queen of Spartan, was raped by Zeus, who had taken the form of a swan to catch her unaware. The sole difference between the twins was Pollux was immortal, like his father, while Castor like his mother was not. After finishing Lastnight, the very next day I started enjoy this mystery book. This novel has two setting of time. It was 1982 and present day.



Identical by Scott Turow (2013): Summary

A wealth Greek family, the Kronon  held annual picnic party in honoring the church. The twin Gannis and their mother Lidia were at that house. Cass Gannis was in love to the beautiful daughter of Zeus Kronon and had mind to marry her. Cass, a cadet Police Academy, was different to his identical brother Paul. After graduation, in his twenty five summers, Paul work for law firm, started his career.

The oldest son of Zeus Kronon, Hal was owner of security ZP real estate Investment Trust. He ran his father business. Hal Koronon was demanded for a hearing before a convicted killer of his sister, Dita, was released.

Cass Gianis pled guilty killed his girlfriend. He had done twenty years sentence. His identical twin, Paul had propelled into a political career that had led him to become senator. He visited his brother weekly along twenty five years. Hal spelt out words accusing Paul had hand on Dita’s murder in front of the reporters. The senator sued him.

Evon Miller, fifty, senior vice-president for security at ZP Real estate Investment Trust, was former athlete. Miller had spent twenty years as an FBI special agent before taking this job. Hal put his trust to her and Tim, former homicide detective who first investigated Dita’s murder. The investigation had started from the evidences that kept 25 years in police station.

Tim was one of the investigators but now he worked for Hall. The invention of DNA had proved shocking truths. The fingerprints from 25 years ago showed many twisted fact. Hal was not biological son of Zeus. The twins had the same DNA to Zeus. Lidia never told Zeus and opposed Dita to marry his son Cass.

Lidia’s father disapproved Zeus to propose his daughter he smell mafiosi money at that family. They both marry and have own family. Lidia had two girls and the twins. Zeus was happy with his Greek wife Hermione, son Hal, and beautiful daughter Dita. The night of Dita’s murder, Lidia has already planned to hide inside Dita’s room. Lidia warned Dita to cancel her marriage’s plan.

She explained that the twin were his father’s son. That’ll be dangerous marriage. Zeus heard glass breaking from her daughter’s room. His heart clenched when he saw blood. Dita admitted that Lidia was there. Her daughter never mentioned that the twins were her brothers but she only asked that old man about his wild sex. He slapped her daughter and drove her skull back several times.


Dita was cut and lose blood. He only told his wife something happen to their daughter. He looked up as said that he killed his daughter. Zeus with his money sent Cassian Gianis sent to jail and cooperated with investigator Tim Bordie. His wife found that the real killer was her husband and arranged car accident to her husband in Greek. Her son, Hal was only the heir now. The twins had switched the whole years. Cass acted to be politician and Paul as a prisoner.

*****

2015





Sekapur Sirih

Sesuai catatan Turow, novel ini terinspirasi dari masa kecilnya dengan hadirnya saudari kembarnya dan mitos Yunani Kuno Pollux dan Castor. Putra Zeus dengan putri Spartan, si kembar memiliki perbedaan yang mana Pollux mewarisi gen ayahnya immortal sementara Castor adalah manusia biasa sama seperti ibunya.

Novel fiksi ini mulai dibaca tanggal sepuluh hingga lima belas Oktober tahun 2015. Buku setebal 414 halaman  merupakan edisi terbitan 2013 dan diputuskan masuk di keranjang belanja pada 23 Juli 2014. Seiring banyaknya kegiatan, buku ini baru bisa dinikmati pada minggu ke dua Oktober 2015. Setahun lebih, masa yang lama, namun buku ini setia menunggu di lemari. Setelah membacanya, teringat kembali karya Innocent milik John Grisham diangkat dari kisah nyata. Penemuan tes DNA yang telah membantu penyelesaian kasus dan mengungkap berbagai fakta yang menggemparkan.

Turow menggambarkan cerita dengan cara mudah dimengerti dan penyampaian masalah hukum dikaitkan dengan latar kekinian serta kehidupan dan budaya masyarakat Yunani. Tokoh Evon Miller sebagai tokoh lesbian yang masih kontaversial pada tahun 2008 di Amerika, namun, saat ini tahun 2015 sesuai keputusan  Supreme Court (Mahkamah Agung) sudah dinyatakan legal.

Tokoh Tim pria berusia 82 tahun mantan penyidik pembunuhan di Kepolisian digambarkan lelaki penyayang keluarga namun tidak tahan dengan prestasi kenaikan jabatan hingga menjebloskan seseorang tidak bersalah ke penjara untuk tuduhan pembunuhan. Pusat masalah adalah pada keluarga Kronon dan Gianis. Karya fiksi ini disampaikan dalam dua latar belakang waktu. 




Terjemahan Bahasa Indonesia: Identical (Kembar Siam), oleh Scott Turow

Sebuah pesta tahunan piknik kumpulan keturunan Yunani di Amerika diselenggarakan di kediaman Kronon. Pengusaha kaya raya, pemilik beberapa supermarket besar, politisi besar, dan calon gubernur memiliki kekayaannya dari warisan ayahnya yang terkait dengan mafia Yunani. Usahanya pun berkembang pesat. Hal anak tertuanya akan segera mewarisinya dan putri cantik, dan satu-satunya Dita Kronon terkenal dengan mulut tajamnya namun sisi lain dia melakukan kegiatan sosial.

Lidia ibu si kembar merupakan sahabat akrab dari saudari Zeus sejak kecil dan mereka tinggal di lingkungan yang sama. Ayah Lidia telah menolak lamaran Zeus karena merasa tidak nyaman dengan kekayaan Zeus yang berhubungan dengan mafia. Perang Dunia Kedua pecah, Zeus diutus ayahnya ke Yunani dari sana dia membawa putri mafia Yunani yang cantik dan seorang anak yakni Hal. Pernikahan untuk kesepakatan bisinis ayahnya.

Lidia pun menikahi Michael Gianis, pria pulang dari perang dan memutuskan untuk membuka toko grosir. Namun dia menghadapi masalah ekonomi berbelit, kebiasaan mabuk-mabukan, dalam penyangkalan bahwa si kembar bukanlah anaknya. Teri, teman Lidia memberikan ibu dua anak itu pekerjaan pada usaha Zeus yang semakin berkembang dan hubungan mereka pun berlanjut. Di malam pesta tahun 1982, Dita terbunuh dan kekasihnya Cass menjadi terdakwa dan menjalani hukuman penjara selama 25 tahun.

Kini 2008, Hal Kronon diminta menghadiri sidang pelepasan terdakwa. Setelah dua puluh lima tahun tahun menjalani masa hukumannya Cass pun bebas di usianya yang lima puluh tahun. Saudara kembarnya Paul, seorang politisi sukses, senator yang sedang sorotan media sebagai calon walikota. Hidup bahagia dengan istrinya, seorang dokter bedah terkenal dan dua anak lelaki yang tengah kuliah di kampus ternama. Waktu pun berlalu. Lidia, ibu mereka tinggal di panti Jompo.

Evon Miller, wanita lima puluh tahun mantan atlet lari dan mantan anggota FBI yang telah bertugas selama 25 tahun pada biro itu memilih sebagai wakil presiden senior pada perusahaan Hal. Kini wanita lesbian itu dan rekanannya Tim Bordie menjadi andalan Hal Kronon. Tim Brodie, lelaki 82 tahun pensiunan penyidik kepolisian yang pertama kasus menginvestigasi kasus pembunuhan Dita. Di depan media, dengan emosi Hal Kronon menuduh Paul ikut terlibat dalam pembunuhan adiknya dan inilah awal dari permasalahan.

Paul dan tim kampanyenya telah menjadi bahan berita buruk di media dan merugikan kampanye pencalonannya. Paul Gianis pun mengajukan upaya hukuman atas tuduhan Hal. Untuk menangkisnya Hal pun meminta Evon dan Tim untuk mengusut pembunuh sesungguh adiknya yang diyakininya si kembar terlibat. Beranjak dari dokumen yang sudah 25 tahun sidik jari dari orang-orang yang diambil di tes ulang dengan penemuan teknologi tes DNA. Penemuan DNA ini telah banyak mengungkap fakta bahwa darah pada bukti adalah darah wanita bukan Cass. Namun setelah penyelidikan sempat mengarah kepada Lidia Gianis ibu si kembar.

Dengan keterbatasan pengingatannya beberapa fakta pun terkuat bahwa Lidia memang beradu mulut pada Dita dan intinya melarang rencana pernikahan gadis bermulut tajam itu dengan Cass putranya. Pada malam kejadian, wanita itu mengingatkan bahwa ayah dari si kembar adalah Zeus Kronon, ayahnya sendiri. Sebuah pernikahan yang berbahaya.

Dita sangat syok menerima kenyataan itu. Mengetahui ada keributan di kamar Dita, setelah Lidia pergi Zeus mendatangi putrinya. Ucapan Dita yang menyudutkan perilaku buruk ayahnya dalam kehidupan seksnya kepada setiap wanita termasuk pada Lidia dan fakta bahwa si kembar anaknya memancing kemarahan ayahnya dan memukul gadis itu hingga tewas.

Zeus pun kerjasama dengan Tim mengatur kalau pembunuh itu adalah Cass. Dengan kekuasaan uangnya Cass pun menjadi terdakwa. Hermione, istri Zeus, membalaskan dendam akan kematian putrinya dan menyelamatkan Hal, yang jelas bukan anak biologis Zeus. Istrinya yang masik keturunan mafia itu kuatir anaknya Hal tidak mendapat warisan.

Hermione, sang istri pun mengetahui jika suaminya telah membunuh putrinya, membuat sebuah kecelakaan yang menamatkan nyawa suaminya di Yunani.  Hasil tes DNA pada dua puluh lima tahun kemudian mengungkap fakta bahwa Zeus adalah ayah si Kembar dan Hal bukanlah anak Zeus. Paul dan Cass sering berganti menjalani hukuman dan berperan sebagai politisi selama masa tahanan. Mereka berhasil melakukannya selama 25 tahun.

*****

2015

No comments:

Post a Comment